Selasa, 10 November 2015

Suka Nulis Cerpen? Ini Tips Untuk Membuat Tokoh

Cara Membuat Cerpen - Tentukan tokoh adalah salah satu elemen terpenting dalam satu buah narasi fiksi. Tiap-tiap karya fiksi automatis terdapat tokoh di dalamnya. Terdapat dua macam kategori tokoh dalam tiap-tiap karya fiksi menurut keterlibatannya kepada karya fiksi itu sendiri, yakni tokoh mutlak (sentral) dan tokoh penunjang (periferal). Trick memastikan yang mana tokoh penting dan yang mana tokoh penunjang yakni bersama membandingkan tiap-tiap tokoh di dalam narasi. Adapun kriteria tokoh mutlak yaitu : bertindak juga sebagai pusat pembicaraan dan tidak jarang diceritakan, yang merupakan pihak yang paling dekat kaitannya dengan tema narasi, dan seringkali jalankan hubungan bersama tokoh lain dalam narasi.


Tiba-tiba nampak olehnya pisau belati di sudut Mansur. Darahnya berdebar-debar dan gusarnyapun timbul kembali. Tidak yakin dirinya bakal janji saudaranya tadi. Karena itulah bicara beliau : “Kakak, pisau itu okelah Minah sembunyikan. Minah sebenarnya belum demikian yakin. Hendaklah kita awas sebelum berlangsung!”
Mansur tidak mengeluarkan kata sepatah juapun.

Laminah membawa pisau belati itu dari pinggang saudaranya dan diletakannya di bawah bantal. Tokeh terhadap saat itu sedang makan. Mansur dan Laminah menunggu dimuka pintu dapur.

Kita sanggup menilai bahwa tokoh utamanya yaitu Mansur. Mengapa? Dikarenakan Mansur adalah inti pembicaraan diatas. Potongan narasi tersebut ada sesudah berjalan perselisihan antara Mansur dengan salah satu Petugas di ruangan dia bekerja. Mansur hendak berikan pelajaran pada orang tersebut, sebab dirinya sudah berbuat macam-macam kepada adiknya. Menjadi, teramat terang inti permasalahnnya ada terhadap Mansur sendiri. Dirinya jadi pusat pembicaraan kepada potongan narasi tersebut dan kebanyakan terhadap novel tersebut.

Sumber Artikel : http://www.berkonten.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar